Kebijakan Harga yang Dilakukan oleh Pemerintah

Gegara dapet tugas dari dosen nyari penjelasan tentang kebijakan Floor Price dan Ceiling Price, maka bertanyalah aku pada Pak Lek Google tercintah. hasilnya ada beberapa sites yang aku jadiin rujukan karena singkat padat jelas serta bergambar :D iya bergambar itu perlu penting. 1. Kebijakan Ceiling Price Ceiling Price (Kebijakan harga tertinggi). kebijakan ini dibuat untuk melindugi konsumen tentu letaknya harus dibawah harga pasar supaya konsumen dapat menjangkau harga barang yang menjadi kebutuhan hidupnya. Jadi kebijakan Ceiling Price adalah kebijakan pemerintah untuk menetapkan harga barang atau jasa lebih rendah dari harga pasar dengan tujuan untuk melindungi konsumen. Tetapi Dengan ketetapan harga yang dibawah harga pasar Sehingga akan meningkatkan permintaan, tetapi jumlah barang ditawarkan tidak dapat memenuhi tingkat permintaan tersebut. Selisih antara tingkat permintaan yang lebih tinggi dibanding tingkat penawaran inilah yang disebut dengan shortage atau surplus demand. Untuk mangatasi keadaan shortage ini pemerintah dapat melakukan kebijakan seperti operasi pasar,memberikan subsidi produsen,megurangi pajak dan impor barang agar jumlah barang meningkat dan permintaan dapat terpenuhi pada tingkat harga eceran terendah.
2. Kebijakan Floor Price Floor Price adalah kebijakan menentukan harga diatas harga pasar, sehingga produsen akan menjual lebih banyak barang tetapi permintaan akan turun karena harga yang lebih tinggi dari harga pasar(hukum permintaan). Sehingga akan terjadi selisih antara barang yang di supply dengan konsumsi di masyarakat.selisih inilah yang disebut surplus supply. Barang surplus yang terjadi dapat dibeli pemerintah atau diekspor. Harga yang ada di masyarakat mengacu pada harga pasar. Dengan kebijakan ini pemerintah menetapkan harga jual paling rendah dan tentu tidak boleh lebih rendah dari harga pasar, karena kebijakan ini ditujukan untuk melindungi produsen supaya produsen tetap bisa memperoleh keuntungan.
Source: http://sidikaurora.wordpress.com/2011/11/04/price-ceiling-price-floor/ http://ekonomi161.blogspot.com/2010/05/kebijakan-harga-yang-unik.html

0 comments:

Post a Comment